Thursday , 23 September 2021
Home / Auto / Teknologi Mesin Honda Nyaris Paripurna!
Honda Mobilio mengusung mesin populer dan canggih di kelasnya. Ist

Teknologi Mesin Honda Nyaris Paripurna!

Jakarta, NextID – Honda sebagai salah satu pemain otomotif dunia tak diragukan lagi dalam mendesain teknologi mesin berikut fitur-fitur pendukungnya. Salah satunya yang sangat populer adalah mesin i-VTEC SOHC 1.5L, dengan 16 valve, 4 silinder yang digunakan diberbagai model seperti City, Jazz, HR-V, BR-V, atau Mobilio.

Mesin-mesin mereka sama, namun yang membedakan adalah fitur-fitur yang mendukung untuk kecirian model tersebut. Khusus kali ini kita bedah apa saja isi New Mobilio yang baru diluncurkan PT Honda Prospect Motor (HPM) Selasa (19/1) di Jakarta.

New Honda Mobilio menggunakan mesin Honda i-VTEC SOHC 1.5L, 16 valve, 4 silinder yang mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 118 PS pada putaran mesin 6.600. Sementara torsi tertinggi di kelasnya sebesar 14,8 kg.m yang responsif pada putaran mesin 4.600.

Ada teknologi yang menarik. Mesin New Honda Mobilio didukung Drive by Wire yaitu sistem elektronik yang mengontrol buka tutup Throttle Valve untuk presisi akselerasi yang maksimal namun tetap hemat bahan bakar. Low MPV ini juga dilengkapi dengan fitur ECO Indicator yang berfungsi untuk mendeteksi dan memberikan informasi secara real time mengenai cara mengemudi yang hemat bahan bakar.

Kendaraan ini mempunyai dua pilihan transmisi, yaitu; manual 5 percepatan, dan CVT (Continuous Variable Transmission). Transmisi CVT dengan Earth Dreams Technology untuk perpindahan transmisi yang lebih halus dan performa mesin yang maksimal serta konsumsi bahan bakar yang efisien. Yang lebih menarik, New Mobilio memiliki emisi gas buang  yang rendah dan telah lulus uji EURO-2 dari pemerintah Indonesia, bahkan telah memenuhi standar EURO-4.

Performa berkendaranya diklaim stabil dan nyaman berkat suspensi depan MacPherson Strut dan suspensi belakang H-Shape Torsion Beam. Bermanuver semakin lincah berkat sistem Electric Power Steering (EPS) yang meringankan setir pada kecepatan rendah dan mantap pada kecepatan tinggi.

Mobil ini semakin mudah dikemudikan berkat penggerak roda depan yang memberikan akselerasi yang lebih responsif, minim getaran, stabil, dan hemat bahan bakar. Ketinggiannya (ground clearance) mencapai angka 189 mm,  cocok untuk kondisi jalan Indonesia, baik di dalam maupun luar kota.

Hadir dengan fitur Dual SRS Airbags, berfungsi apabila terjadi benturan frontal maka airbag bagian depan akan mengembang seketika untuk mengurangi cedera pada pengemudi dan penumpang depan. Ada pula G-CON + ACETM yakni teknologi orisinal Honda yang dapat meredam dan menyalurkan benturan hebat saat terjadi tabrakan. Kabin dirancang dengan struktur rangka terdepan sehingga memberikan perlindungan menyeluruh meskipun bertabrakan dengan kendaraan yang berbeda ukuran.

Fitur ABS (Anti-lock Braking System) mencegah penguncian roda pada saat pengereman mendadak. Fitur EBD (Electronic Brake-force Distribution) mendistribusikan daya pengereman sesuai dengan beban kendaraan agar lebih efektif.  ISOFIX & Tether berfungsi untuk mengunci kursi bayi pada bangku baris kedua kendaraan.

Pretensioner with Load Limiter Seatbelt berguna ketika terjadi tabrakan keras, Cara kerjanya Pretensioner Seatbelt akan mengencang sehingga tubuh tetap berada pada posisinya dan mencegah gerakan dada ke depan. Load Limiter berfungsi mengurangi tekanan yang berlebih dan mencegah cedera pada bagian dada serta memastikan posisi tubuh jatuh tepat pada airbag yang mengembang.

New Honda Mobilio dilengkapi kunci canggih dengan Immobilizer dan Security Alarm berfungsi untuk mencegah pencurian. New Honda Mobilio juga telah melalui uji tabrak menyeluruh di fasilitas Honda Motor-Real World Crash Test. (tot)

About Gatot Irawan

Check Also

Bus Hino RN 285 Tangguh di Trans Jawa?

Jakarta, NextID – PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) sebagai pemain utama dalam transportasi darat …

Leave a Reply