Tuesday , 21 September 2021
Home / LifeStyle / Leisure / Health / Fitness / Selain Ngantuk, Ini Tanda-Tanda Kurang Tidur
Ilustrasi perempuan tidur

Selain Ngantuk, Ini Tanda-Tanda Kurang Tidur

Padatnya aktvitas kerja membuat seseorang kurang tidur. Tanda-tanda paling jelas, anda kurang tidur adalah rasa kantuk yang tak terbendung. Ternyata, ada pula tanda-tanda kurang tidur selain rasa kantuk. Pakar Tidur dan Direktur Kedokteran Perilaku Tidur di Montefiore Medical Center di New York, Shelby Freedman Harris mengatakan ada beberapa ciri khas anda kurang tidur yang tidak anda sadari. Anda harus menjadikan tidur sebagai prioritas seperti dilansir www.huffingtonpost.com, Senin :

1. Ngantuk Mendadak
Banyak orang berpikir tidur secara tiba-tiba adalah hal baik. Padahal, tidur secara tiba-tiba adalah adalah tanda-tanda anda kurang tidur. Jika secara rutin anda dapat tidur dalam jangka waktu lima menit setelah berbaring, anda mengalami kekurangan tidur bahkan gangguan tidur.

2. Lebih Impulsif
Bila anda tak bisa mengontrol diri untuk mengambil makanan yang tak sesuai selera, itu adalah tanda-tanda kurang tidur. Kurang tidur akan membuat area di otak yang mengatur kontrol impuls, asosiasi visual, dan perhatian terganggu. Hal itulah yang membuat orang yang kurang tidur sulit mengontrol impuls.

3. Gampang Lupa
Tidur akan membentuk kembali memori dan memperbaiki daya tahan tubuh. Kurang tidur dapat membuat anda kesulitan mengingat sesuatu. Kurang tidur juga membuat anda sulit untuk bersikap rasional dan berhati-hati.

4. Lebih mudah lapar
Kurang tidur dapat meningkatkan nafsu makan dengan mempengaruhi dua hormon dalam tubuh yaitu leptin dan ghrelin. Leptin merupakan hormon yang mengatakan kepada tubuh untuk berhenti makan. Sebaliknya kadar hormon ghrelin akan naik ghreli saat kurang tidur daripada leptin sehingga tubuh pun lebih mudah lapar.

5. Sulit fokus
Bila sulit berkonsentrasi ketika menyetir, mungkin anda kurang tidur. Kurang tidur dapat membuat kesadaran anda menurun dan sulit untuk fokus terhadap tugas. Bila mengalaminya, anda pun harus menambah wakut tidur anda.

About Adam Rizal

Check Also

MSG Pemicu Kanker, Benar atau Salah?

Jakarta, NextID – Penyedap rasa atau sering kita kenal dengan monosodium glutamat (MSG) sering kali …

Leave a Reply