Wednesday , 20 October 2021
Home / LifeStyle / Leisure / Health / Menu Sehat Sebelum Olahraga
Ilustrasi Perempuan Makan Telur 1

Menu Sehat Sebelum Olahraga

Tubuh memerlukan nutrisi yang sehat setiap harinya. Makanan kaya protein akan mendukung kekuatan selama olahraga. Kombinasi makanan protein dengan indeks gula rendah dan protein akan menjadi sumber tenaga saat melakukan olah raga secara intens. Untuk memastikan tubuh bisa menyerap makanan dengan baik, perhatikan waktu konsumsinya. Karbohidrat memiliki waktu metabolisme cepat sekitar 30 menit, sedangkan protein bisa mencapai dua jam.

Mengutip Body and Soul, ada lima menu sederhana kaya protein yang dapat dinikmati sebelum dan sesudah olahraga.

Sebelum olahraga:

Kombinasi kacang-kacangan. Kacang-kacangan sangat baik untuk meningkatkan metabolisme. Kacang-kacangan memiliki asam lemak esensial, serat, protein, seng, magnesium, vitamin E dan B6 serta folat.

Telur. Telur mengandung konsentrasi tinggi protein dibanding makanan lainnya. Telur juga mengandung delapan asam amino esensial yang dibutuhkan untuk pemulihan otot yang efektif.

Protein Bar. Konsumsilah protein bar yang mengandung bahan-bahan alami dan pastikan mengecek kadar gulanya karena banyak protein bar yang beredar tidak memiliki kandungan sama.

Alpukat. Protein di dalam alpukat sangat mudah diserap tubuh karena kandungan seratnya yang tinggi. Alpukat juga penuh dengan lemak jenuh, asam folat dan vitamin C, E dan K. Konsumsi alpukat setelah olahraga untuk menggantikan energi yang hilang.

Ayam. Ayam mengandung lebih banyak protein dan lebih sedikit lemak daripada daging merah. Pilihlah ayam organik agar nutrisi vitamin dan mineral yang diperoleh maksimal.

About Adam Rizal

Check Also

MSG Pemicu Kanker, Benar atau Salah?

Jakarta, NextID – Penyedap rasa atau sering kita kenal dengan monosodium glutamat (MSG) sering kali …

Leave a Reply