Tuesday , 21 September 2021
Home / LifeStyle / Property / Design / Kenapa Desain Rumah Harus Minimalis ?
Rumah Minimalis

Kenapa Desain Rumah Harus Minimalis ?

Rumahku adalah surgaku. Ungkapan itu sangat tepat untuk menggambarkan rumah yang menjadi tempat terakhir untuk melepaskan kepenatan setelah melakukan segudang aktivitas yang melelahkan. Rumah yang nyaman akan memberikan energi positif kepada pemilik rumah.

Desain yang tepat adalah salah satu kunci untuk membuat rumah agar nyaman dan tenteram. Saat ini, lahan rumah yang semakin terbatas membuat penghuni semakin susah berekspresi untuk mendesain rumah. Namun, kendala itu bisa diatasi dengan konsep rumah minimalis. Tak heran, desain rumah minimalis selalu menjadi trend center para pengembang perumahaan dalam membuat proyek perumahan. “Tren minimalis cenderung lebih disukai daripada model lainnya karena tampilannya yang lebih rapi dan teratur. Selain itu, gaya rumah minimalis memberikan solusi untuk menyiasati rumah kecil untuk lebih enak dipandang,” kata arsitek Eileen Rachman.

Rumah Kaca 3
Rumah Kaca 3

Saat menata rumah minimalis, anda harus memperhatikan kedekatan antar ruang dan jadikan ruang itu sebagai pusat dari kegiatan di dalam rumah. Setelah itu, baru menentukan bagian ruang berikutnya yang sesuai dengan kebutuhan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menata rumah minimalis yaitu pemilihan furnitur, warna, desain ruangan, dan aksesori. “Ingat, semuanya harus terlihat serasi dan tidak boleh saling menonjol. Usahakan ruangan tidak terlalu penuh (furnitur) untuk menegaskan tampilan minimalisnya,” katanya.

Furnitur adalah bagian penghias rumah yang utama. Kehadiran furnitur bisa menambah nilai ruangan agar mempesona. Sebaiknya, anda membatasi jumlah furnitur di dalam ruang minimalis. Pilihlah material yang tepat dan pas karena bisa mengentalkan suasana minimalis. “Material seperti kaca, alumunium, atau besi bisa dipilih sebagai furnitur. Selain bentuknya yang simpel, perawatan material ini sangat mudah. Ingat, pilih kombinasi warna gelap dan terang supaya ruang minimalis terlihat modern,” katanya.

Anda bisa memilih furnitur dengan desain sederhana dan sedikit ornamen. Minimnya tampilan ornamen bisa memudahkan perawatan dan ruangan jadi terkesan lebih lapang. Pemilihan corak motif atau warna yang terlalu ramai kurang cocok pada hunian minimalis. “Permainan ornamen garis lurus atau garis geometris bisa diaplikasikan untuk menambah kesan minimalis,” katanya.

Dengan adanya keterbatasan ruang, ada baiknya furnitur yang digunakan memiliki fungsi lebih dari satu. Selain itu, ruangan akan terkesan ringan dan bersih. Furnitur multifungsi juga akan mengefisienkan dalam mengatur rumah. “Untuk menghindari rasa bosan, letakkan beberapa artwork seperti patung dan lukisan untuk menghiasi bagian dinding rumah,” katanya.

About Adam Rizal

Check Also

5 Tips Beli Furnitur Biar Nggak Nyesel

Jakarta, NextID – Berbelanja furnitur lebih dari sekadar gaya karena ada begitu banyak elemen yang …

Leave a Reply