Monday , 27 September 2021
Home / LifeStyle / Leisure / Corp / IKEA Blue Bag Selesaikan 100 Septik Tank
IKEA Blue Bag: Kiri ke kanan Doddy Suparna INSIST Project Manager Mercy Corps, Eliza Fazia Marketing Manager IKEA Indonesia dan Suparna Lurah Kelurahan Penjaringan memperlihatkan IKEA Blue Bag

IKEA Blue Bag Selesaikan 100 Septik Tank

Jakarta, NextID – Proyek IKEA Blue Bag sejak toko IKEA Indonesia dibuka di Alam Sutera pada Oktober 2014,  kini telah mencapai target penyelesaian pembangunan 100 septik tank dengan sistem knockdown di  Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara.

IKEA Blue Bag merupakan inisiatif program keberlanjutan bagi masyarakat dan lingkungan, dalam hal peningkatan sarana sanitasi. Kecamatan Penjaringan terpilih sebagai pelaksanaan Proyek IKEA Blue Bag karena daerah terpadat di Jakarta dengan penduduk lebih dari 300.000 jiwa dan kepadatan penduduk 8.635 per km persegi. Sebanyak 75 persen penduduknya mengandalkan air tanah sumur dangkal, sementara 2 persen masyarakat di area ini memiliki akses terhadap sistem penyaluran air buangan yang disediakan Pemerintah.

“Proyek IKEA Blue Bag dapat dijalankan berkat dukungan dan partisipasi pelanggan IKEA, di mana IKEA tidak memberikan kantong plastik namun pelanggan diberikan pilihan untuk membeli IKEA Blue Bag yang ramah lingkungan,” ungkap Marketing Manager IKEA Indonesia, Eliza Fazia kepada media, Kamis (28/1).

Eliza menuturkan,  setiap pembelian IKEA Blue Bag, 100 persen dari nilai penjualan ditambah dengan sumbangan dari IKEA, disumbangkan melalui Mercy Corps Indonesia untuk pelaksanaan proyek sanitasi limbah di Kecamatan Penjaringan selama dua tahun sejak 2014.   Sejak IKEA Blue Bag dimulai pada Oktober 2014-Desember 2015, lebih dari 232,000 tas Blue Bag IKEA terjual, dan digunakan untuk membangun sarana sanitasi limbah berupa 100 septik tank di Kecamatan Penjaringan.

“IKEA mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah dan masyarakat Kecamatan Penjaringan yang telah menerima Proyek IKEA Blue Bag untuk diterapkan di wilayah tersebut melalui pemasangan 100 septik tank dan program penyuluhan. Semoga masyarakat dapat merasakan manfaat dari fasilitas sanitasi tersebut,” ujar Eliza.

Dengan telah selesainya pemasangan 100 septic tank enam bulan lebih awal dari jadwal yang ditargetkan, maka enam bulan ke depan dilanjutkan dengan melaksanakan kampanye perilaku terhadap proyek sanitasi melalui edukasi kebiasaan hidup sehat dan bersih, melakukan supervisi serta program penyuluhan tentang perawatan septik tank.

Kegiatan keberlanjutan Proyek IKEA Blue Bag oleh IKEA Indonesia merupakan inisiatif kepedulian dan bagian dari semangat IKEA Global yang mengedepankan keberlanjutan bagi masyarakat dan lingkungan di bumi ini.

About Murizal Hamzah

Check Also

Identitas Merek Pelaku UMKM Tetap Terjaga di “Tokko”

Bandung, NextID – Pada Sabtu (25/9) platform digital Tokko resmi diluncurkan. Hadir Gubernur Jawa Barat …

Leave a Reply