Home / Auto / All New Pajero Sport, Digdaya!
Salah satu aksi pada peluncuran All New Pajero, Jumat (29/1) di Jakarta.

All New Pajero Sport, Digdaya!

Jakarta, NextID – Berkaca dari kesuksesan tersebut, peluncuran All New Pajero Sport ini diharapkan mampu meningkatkan pangsa pasar Pajero Sport di kelas SUV 4X2 dan 4X4, menghadirkan pilihan SUV 7-Seater terbaik dengan desain yang “fresh,” fitur-fitur terbaru, dan performa terbaik. Begitu papar Tetsuro Aikawa, President & COO of Mitsubishi Motor Corporation (MMC).

Peluncurannya yang dilakukan Jumat (29/1) di Jakarta, sebagai bukti konsistensi revitalisasi kendaraan penumpang Mitsubishi di Indonesia, yang juga dibuktikan oleh pembangunan pabrik kendaraan penumpang Mitsubishi Motors untuk Indonesia yaitu PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI), di area GIIC Deltamas, Jawa Barat, yang rencana akan memproduksi Pajero Sport untuk pasar domestik mulai April 2017.

Menurut Koichi Namiki, Corporate GM of MMC, All New Pajero Sport ini tidak seperti model sebelumnya. SUV ini kini memiliki basis pengembangan yang berbeda dengan All New Triton. “Mitsubishi juga melakukan berbagai pengembangan dari model sebelumnya, baik dari eksterior, interior, maupun performa,” ujarnya.

Dipaparkannya, sebagai “Stylish & Comfortable Off Road SUV,”  kendaraan ini memiliki 4 karakteristik utama, yaitu: High Quality Design, Quality Comfortable Cabin, Superior Performance serta Innovation and Convenience.

Untuk “High Quality Design” yang menonjol sekali eksteriornya, yang mengadopsi desain Dynamic Shield – identitas baru kendaraan penumpang Mitsubishi yang menunjukkan kesan stylish dan futuristis. Sisi belakang dilengkapi LED Rear Combination Lamp dengan desain unik yang lebih berkarakter.

Di bagian “Quality & Comfortable Cabin,” SUV anyar ini mengalami pengembangan di kabin menjadi lebih elegan, nyaman, dan memberi kepuasan berkendara.

Dan, pada “Superior Performance,” tersemat mesin baru 4N15 MIVEC Diesel Engine dengan  VGT + Intercooler (pada varian Dakar).  Mesin diesel baru ini mampu menghasilkan tenaga besar, akselerasi yang prima, dan suara mesin lebih halus dengan tetap efisien dalam penggunaan bahan bakar (tenaga maksimum 181 PS/3.500 rpm, torsi maksimum 43,8 Kgm/2.500 rpm).

Dijelaskan lebih jauh, ada pengembangan yang dilakukan untuk memberi konsumen pengalaman berkendara terbaik, antara lain: 8 Speed AT dengan Sport Mode & Paddle Shift (Dakar) dengan Super Select 4WD II (Dakar 4X4), yang merupakan transmisi 8 percepatan pertama di kelasnya.

Hal ini membuat konsumsi bahan bakar lebih efisien dengan kepuasan berkendara layaknya mengendarai kendaraan premium. Fitur Super Select 4WD II memberikan kestabilan dan performa berkendara saat melewati berbagai medan antara lain gravel (berkerikil), mud/Snow (berlumpur/bersalju), sand (berpasir), dan rock (bebatuan).

Dengan fitur terbaru dan terbaik membuat berkendara stabil dan maksimal saat manuver, atau berakselerasi, berada di tanjakan, hingga menarik beban berat. Fitur-fitur tersebut antara lain

ASC (Active Stability Control) menjaga kestabilan dan keseimbangan kendaraan saat bermanuver; ATC (Active Traction Control) mencegah slip roda saat akselerasi atau saat roda kehilangan traksi; HSA (Hill Start Assist) berfungsi menahan kendaraan beberapa saat (2-3 detik) ketika melepas pedal rem di tanjakan; TSA (Trailer Stability Assist) pengemudi tetap stabil berkendara meskipun menarik beban yang berat

Dengan teknologi dan fitur terlengkap di kelasnya, All New Pajero mampu melakukan aksi spektakuler.  Ist
Dengan teknologi dan fitur terlengkap di kelasnya, All New Pajero mampu melakukan aksi spektakuler. Ist

SUV ini mengusung fitur keamanan terbaik. Ada ABS (Anti-Lock Breaking System) mencegah penguncian rem sehingga kendaraan masih bisa dikendalikan ketika pengereman mendadak; EBD (Electronic Brake-force Distribution) pengontrol otomatis pendistribusian daya pengereman ke roda-roda sesuai beban kendaraan; BA (Brake Assist) usaha untuk proses pengereman lebih kecil (di varian Dakar).

Disematkan pula teknologi RISE Body dengan material yang lebih tangguh (High-Tensile Material);  Improvisasi water screen (semburan air tidak mengarah ke kaca depan dan visibilitas pengemudi tetap maksimal saat melewati genangan);  Dual SRS Airbag dengan pretensioners yang secara otomatis mengencangkan sabuk ketika terjadi benturan.

Yang menarik, ground clearance 218 mm dengan approach & departure angle yang besar untuk menghadapi medan yang berat seperti tanjakan dan turunan yang curam; dan Wading Depth yang bisa mengarungi genangan air hingga kedalaman maksimum 700 mm.

“Yang menakjupkan, Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) All New Pajero Sport mencapai 1.027 SPK. Di Jabodetabek terbesar sampai 50%. Itu hanya dalam 10 hari,” ungkap Imam Choeru Cahya, Head off MMC Sales Group. (tot)

 

About Gatot Irawan

Check Also

AISI Prediksi Pasar Motor Domestik Tembus 4,3 Juta Unit!

Jakarta, NextID – Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) memperkirakan pasar sepeda motor domestik akan meningkat …

Leave a Reply