Wednesday , 22 September 2021
Home / LifeStyle / Property / House / Tips Dekor Ruang Berplafon Tinggi
Plafon 5

Tips Dekor Ruang Berplafon Tinggi

Saat ini para pengembang perumahan menawarkan perumahan atau apartemen mewah dengan “plafon tinggi” karena tingginya permintaan dari pelanggan. Umumnya, plafon atau langit-langit rumah memiliki ketinggian sekitar 2,5 meter hingga 3 meter. Namun, saat ini ada pula rumah atau apartemen yang memiliki plafon antara 4 meter hingga 7 meter.

Rumah-rumah yang memiliki langit tinggi sangat cocok bagi lingkungan tropis karena sirkulasi udara jadi lebih baik dan suhu rumah menjadi lebih sejuk, menyusul udara panas akan bergerak ke atas, dan terganti dengan udara yang bersuhu lebih rendah. Namun, jika rumah anda saat inin sudah memiliki plafon yang tinggi, anda tinggal mendekornya saja.

Berikut ini beberapa contoh panduan mendekor ruang berplafon tinggi seperti dilansir freshome,  :

Aturan sepertiga

Hampir sama seperti ilmu fotografi, mendekor juga membutuhkan “aturan sepertiga”. Bagilah dinding menjadi tiga bagian yang seimbang ketika mendekor ruangan berplafon tinggi.
Kemudian, berikan masing-masing ornamen atau aksen menarik dari dasar dinding, hingga dinding bagian atas. Sisakan satu bagian tanpa ornamen apa pun untuk memberikan kesan bebas dan tidak menumpuk.

Karya seni

Jangan lupa, tempatkan lukisan, foto, dan seni grafis lainnya pada dinding anda. Pastikan karya seni itu berada pada level yang sama dengan mata anda. Jika anda tidak tertarik dengan lukisan, anda bisa menggunakan aksen pada dinding.

Pencahayaan lampu

Setelah mengatur aksen pada dinding dan furnitur, jangan lupa mengatur lampu-lampu di ruangan berplafon tinggi. Gunakan lampu gantung sebagai penanda dan pemisah ruang tanpa dinding maupun partisi.

Gorden

Berikan gorden pada jendela besar yang menutupi salah satu dinding tinggi anda. Gorden mampu mengurangi kesan intimidatif pada jendela besar pada ruang berplafon tinggi.

Aksen kayu

Jika anda merasa plafon anda terlalu tinggi, anda dapat menggunakan aksen kayu-kayu pada plafon. Kayu ekspos itu mengurangi kesan tinggi, membuat anda lebih nyaman, dan membuat ruang lebih “bersahabat”. Cara itu juga mampu membuat ruangan lebih serasi dengan berbagai perabot dari kayu. Anda juga bisa menutupi seluruh plafion dengan kayu, atau corak lain.

Jaga keseimbangan

Hindari memenuhi ruangan dengan berbagai barang-barang berukuran kecil seperti sofa mungil atau lukisan kecil. Manfaatkan barang-barang berukuran besar. Selain itu, hindari menggantung lukisan, foto, atau karya seni lainnya di atas level mata.

About Adam Rizal

Check Also

5 Tips Beli Furnitur Biar Nggak Nyesel

Jakarta, NextID – Berbelanja furnitur lebih dari sekadar gaya karena ada begitu banyak elemen yang …

Leave a Reply