Thursday , 24 June 2021
Home / Auto / Parkir Berisiko Merusak Mobil?
Waspada jika parkir kendaraan. Hindari parkir di bawah pohon besar.

Parkir Berisiko Merusak Mobil?

Memarkir kendaraan di musim hujan harus lebih berhati-hati. Curah hujan yang tinggi dan disertai angin kencang seringkali mengakibatkan pohon tumbang atau papan reklame roboh dan menimpa mobil kesayangan. Oleh karena itu jangan sembarang menempatkan kendaraan di lokasi-lokasi di mana kendaraan berisiko rusak tertimpa pohon atau benda besar lainnya.

Berikut ini ada 6 lokasi parkir yang disarankan AstraWorld – yang sebaiknya dihindari saat memarkir mobil.

Di bawah pohon besar. Batang atau ranting pohon-pohon besar, apalagi yang sudah tua, mudah patah atau tumbang saat hujan lebat disertai angin kencang. Daripada mobil Anda rusak karena tertimpa ranting atau pohon, sebaiknya hindari memarkir mobil di dekat pohon-pohon besar.

Dekat tembok tua. Umumnya tembok tua sudah rapuh dan mudah roboh, apalagi jika diterpa hujan deras dan angin kencang. Jika tidak yakin memarkir di dekat tembok yang cukup kokoh, lebih baik jika mencari lokasi lain yang lebih aman.

Di bawah papan reklame. Rangka-rangka besi yang menyusun  papan reklame berpotensi patah dan mengenai kendaraan di bawahnya. Begitu juga dengan konstruksi yang tidak cukup kuat untuk menahan terpaan angin dapat mengakibatkan papan reklame rubuh dan merusak kendaraan yang parkir atau lewat di bawahnya. Jadi, usahakan tidak memarkir mobil di dekat papan reklame.

Dekat menara BTS dan pemancar. Kita tidak tahu apakah menara BTS atau pemancar memiliki pondasi yang kuat untuk menopang konstruksinya yang tinggi menjulang. Tiupan angin kencang dapat mengakibatkan menara roboh jika pondasi dan konstruksinya tidak cukup kuat. Jauhi menara BTS atau pemancar saat Anda harus memarkir mobil.

Area parkir terbuka yang cekung. Lokasi parkir dengan kontur tanah yang cekung lebih mudah digenangi air. Apabila lokasi parkir tergenang banjir maka air di area yang cekung akan lebih banyak dan lebih dalam sehingga mobil-mobil yang diparkir di cekungan tersebut berisiko terendam.

Di bawah atap yang kurang kokoh. Kita mungkin pernah menjumpai area parkir umum yang tidak terawat. Meskipun beratap tetapi terlihat tidak kokoh, sewaktu-waktu dapat roboh dan menimpa kendaraan di bawahnya. Jika berada di lokasi parkir seperti ini, sebaiknya hindari parkir dibawahnya dan carilah lokasi yang lebih aman.

Kita tentu tidak ingin mobil rusak akibat kelalaian memilih lokasi parkir. Untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan menimpa mobil, sebaiknya pilih lokasi parkir menjauhi enam lokasi yang telah kami bahas di atas.

About Gatot Irawan

Check Also

Yuk, Gowes Nyaman di Akhir Pekan

Jakarta, NextID – Saat ini bersepeda menjadi salah satu pilihan olahraga yang sangat digemari. Varian …

Leave a Reply