Home / LifeStyle / Leisure / Health / Ginseng Asal Korea Paling Berkhasiat 

Ginseng Asal Korea Paling Berkhasiat 

Dibandingkan dengan ginseng yang ditanam di negara lain, ginseng yang ditanam di tanah Korea dianggap yang paling berkhasiat. Ginseng merah atau “red ginseng” diklaim paling berkhasiat dibanding ginseng yang ditanam di tanah wilayah lain seperti Amerika Serikat, Tiongkok atau Jepang.
“Ginseng asal Korea paling berkhasiat dibanding dengan ginseng lain di dunia. Ginseng Korea memiliki kandungan aktif ginsenosida paling banyak, yakni 38, ginseng China cuma 15, ginseng Amerika cuma 14, dan ginseng China delapan,” kata Profesor Dongkwon Rhee, guru besar dari Universitas Sungkyunkwan, dalam Seminar Ginseng Korea dengan tajuk “The Miracle Root from Korea” di Hotel JW Marriott, Jakarta, beberapa waktu lalu.
Ginseng merah memiliki kandungan anti-kanker paling banyak, yakni 7,47 persen dibanding ginseng biasa yang berwarna putih, ginseng yang baru dipanen. Ginseng yang ditanam di Amerika hanya memiliki 2,09 persen zat anti-kanker dan ginseng Tiongkok hanya 2,25 persen mengandung zat anti-kanker.
“Ginsenosida memiliki struktur kimia yang sama dengan hormon manusia, karena itu ginsenosida dapat mengendalikan aktivitas hormon dan menatabilkan kelangsungan saraf. Ginsenosida juga bisa mempengaruhi tekanan darah dan produksi insulin serta meningkatkan metabolisme tubuh,” kata Rhee.
Ginseng merah Korea juga diklaim tidak akan menyebabkan panas dalam seperti jika mengkonsumsi ginseng pada umumnya. Ginseng merah Korea bahkan akan menstimulasi aliran darah dan metabolisme tubuh.
Tradisi konsumsi ginseng di Korea sudah berusia sejak 2.000-an tahun lamanya. Biasanya ginseng diolah menjadi hidangan sup ayam yang disebut “samgyetang”.
“Perbedaan ginseng merah dan ginseng biasa adalah pada proses pengolahan. Berbagai jenis ginseng yang dikenal publik seperti jiksam atau ginseng lurus, goksam atau ginseng bengkok atau bangkosam atau ginseng setengah bengkok setengah lurus, sedangkan ginseng merah dipilih ketat, setidaknya sudah ditanam enam tahun baru dipanen,” katanya.
Ginseng merah didapat dengan cara dikukus lalu dikeringkan sehingga ginseng bisa tahan lebih awet hingga 10 tahun. Dalam pengobatan Korea, ginseng merah biasanya diresepkan bersamaan dengan obat medis sebagai pendukung dari pengobata konvensional.
Kini, Korea Selatan membidik Indonesia sebagai pasar penjualan produk-produk herbal berbasis ginseng dan ginseng merah. Pada umumnya, ginseng berkhasiat untuk membantu melawan berbagai penyakit mulai dari meredakan lelah, diabetes, hingga kanker. Ginseng juga berkhasiat intuk memperbaiki kondisi kulit.
Foto
SH/Job Palar
KEDAI GINSENG-Pengunjung sedang mencoba berbagai olahan makanan berbahan dasar ginseng saat Seminar Ginseng Korea di Hotel JW Marriott, Jakarta, beberapa waktu lalu.

About Job Palar

Check Also

MSG Pemicu Kanker, Benar atau Salah?

Jakarta, NextID – Penyedap rasa atau sering kita kenal dengan monosodium glutamat (MSG) sering kali …

Leave a Reply