Home / LifeStyle / Leisure / Health / Drugs & Desease / Tomat Cegah Sakit Jantung
Ilustrasi perempuan makan tomat

Tomat Cegah Sakit Jantung

Tomat memiliki senyawa atau zat lycopene yang dapat meningkatkan fungsi jantung anda. Sebuah penelitian gabungan dari University of Cambridge dan Cambridge University Hospitals NHS mengungkapkan mengonsumsi tomat secara signifikan dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah pada pasien penyakit jantung. Tomat memiliki zat antioksidan yang berdampak positif kepada kesehatan.

Pemimpin penelitian, Dr Joseph Cheriyan dari Addenbrooke Hospital dan Cambridge University mengatakan penyempitan pembuluh darah dapat mengurangi aliran darah. Penyempitan pembuluh darah merupakan salah satu faktor utama penyebab serangan jantung dan stroke. “Lycopene dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah pada pasien penyakit jantung,” katanya sebagaimana dikutip Nzherald.
Dalam penelitian itu, para peneliti meminta sebanyak 36 pasien penyakit jantung untuk meminum pil suplemen yang mengandung zat antioksidan dari tomat setiap hari selama dua bulan. Hasilnya, pembuluh darah mereka melebar sebesar 53 persen. Para ilmuwan meyakini pelebaran pembuluh darah itu disebabkan peningkatan fungsi endothelium yakni lapisan sel dinding di dalam pembuluh darah.

Namun, Dr Joseph menekankan suplemen harian tomat bukanlah pengganti obat untuk metode pengobatan lainnya, seperti statin yang biasa dikonsumsi pasien penyakit jantung. Dr Joseph tidak bisa menjamin mengonsumsi suplemen harian tomat dapat mengurangi jumlah pasien penyakit jantung karena membutuhkan penelitian lebih lanjut.

About Adam Rizal

Check Also

Dua Kebiasaan Sehari-hari Penyebab Besarnya Penggunaan Air dan Polusi

Jakarta, NextID – – Hari Air Sedunia baru saja dirayakan dan “menutup keran air” telah …

Leave a Reply