Home / LifeStyle / Leisure / Health / Manfaat Minum Air Putih
Ilustrasi Perempuan Minum Air Putih 2

Manfaat Minum Air Putih

Minum air putih banyak mendatangkan kesehatan bagi tubuh karena tubuh membutuhkan cairan untuk memelihara keseimbangan dan metabolisme tubuh. Meskipun demikian, masih banyak orang yang malas meminum air putih dan lebih memilih minuman soda. Padahal, minuman soda mengandung banyak kalori dan gula yang merugikan kesehatan tubuh. Bila asupan cairan ke dalam tubuh tak seimbang, maka tubuh anda akan mengalami dehidrasi.

Berikut adalah enam fakta ilmiah tentang khasiat minum air putih setiap bagi tubuh seperti dilansir www.webmd.com, Sabtu (7/11)  :

1. Mempertahankan keseimbangan cairan tubuh
Fakta medis mengungkapkan sebanyak 60 persen tubuh manusia terdiri dari cairan. Cairan berfungsi untuk proses pencernaan, penyerapan, sirkulasi, produksi air ludah, transportasi nutrisi, dan mempertahankan suhu tubuh.

2.  Membantu mengendalikan kalori
Sudah menjadi rahasia umum, orang yang sedang menjalani program diet meminum banyak air putih sebagai strategi menurunkan berat badan. Meskipun air putih tidak langsung menurunkan berat badan anda, air putih adalah pilihan yang tepat untuk pengganti minuman berkalori tinggi. “Program diet akan berhasil, jika anda memilih air atau minuman non-kalori. Diet dengan makanan yang kaya cairan lebih menyehatkan dan membantu anda memangkas kalori,” kata peneliti dari University State of Pennsylvania, Barbara Rolls, PhD.

3. Membangkitkan kemampuan otot
Sel-sel yang tidak dapat mempertahankan keseimbangan cairan dan elektrolit akan menyebabkan kelelahan pada otot. Ketika sel-sel otot tidak memiliki cairan yang cukup, mereka tidak akan berfungsi dengan baik dan kemampuannya akan berkurang. Minum air saat berolahraga sangat penting. American College of Sports Medicine merekomendasikan anda meminum air dua jam sebelum berolahraga.

4.  Membuat kulit tetap bercahaya
Sebenarnya kulit mengandung banyak air yang berfungsi sebagai benteng untuk mencegah ekses hilangnya cairan tubuh.

5.  Memelihara fungsi ginjal
Cairan tubuh adalah sarana untuk membuang sisa limbah atau kotoran dari dalam tubuh. Ketika tubuh memiliki cukup cairan, urine akan mengalir bebas, jernih, dan bebas bau. Ketika tubuh tidak punya cukup cairan, konsentrasi urine, warna, dan bau akan lebih kentara karena ginjal harus menyerap cairan ekstra. Jika anda minum sedikit air, risiko mengalami batu ginjal akan besar terutama pada iklim hangat atau panas.

6.  Memaksimalkan fungsi usus
Asupan cairan yang cukup akan membuat makanan yang melewati saluran cerna dapat mengalir lancar dan mencegah terjadinya konstipasi. Ketika anda tidak punya cukup cairan, usus akan menyerap cairan dari feses atau tinja yang menyebabkan buang air besar anda bermasalah.

About Adam Rizal

Check Also

MSG Pemicu Kanker, Benar atau Salah?

Jakarta, NextID – Penyedap rasa atau sering kita kenal dengan monosodium glutamat (MSG) sering kali …

Leave a Reply