Tuesday , 30 November 2021
Home / LifeStyle / Leisure / Health / Manfaat Warna Pada Buah
Perempuan sedang makan Apel 4

Manfaat Warna Pada Buah

Ada  tiga ciri khas buah dan sayur yaitu tinggi serat, mengandung banyak air, mengandung banyak phytonutrient, termasuk anti oksidan yang sangat baik untuk menjaga stamina dan daya tahan tubuh. Warna-warni Phytonutrient yang terdpat pada buah dan sayur ternyata memiliki manfaat tersendiri bagi tubuh manusia, yang kerap tidak bisa digantikan dengan makanan lainnya. “Buah dan sayur memiliki ciri khas yaitu tinggi serat, mengandung banyak air dan juga phytonutrient yang berarti phyto itu tumbuhan dan nutrient itu gizi,” kata Behaviour Scientist for Health Lifestyle dr Grace Judio Kahl.

Grace mengatakan warna merah pada tomat dan semangka mengandung phytonutrient utama berupa Lycopene yang berfungsi mengurangi risiko pembesaran prostat, menurunkan tekanan darah, mengurangi pertumbuhan tumor, mengurangi kadar kolesterol dan regenerasi sendi pada arthritis. Kemudian, warna kuning pada jeruk, pir dan nanas mengandung phytonutrient utama berupa beta-cryptothanxin yang  membantu komunikasi sel, mencegah penyakit jantung, mengurangi risiko katarak dan mengurangi risiko degenerasi retina.

Warna jingga pada wortel, labu dan pepaya mengandung phytonutrient utama berupa beta-karoten yang mengurangi degenerasi macula retina, mengurangi risiko penyakit prostat dan memperbaiki kolesterol dan tensi darah. “Selain itu, juga mampu meregenerasi kolagen sendi, memperbaiki kerusakan DNA dan membantu metabolisme kalsium dan magnesium,” katanya.

Wrna hijau pada kangkung dan bayam mengandung phytonutrient utama berupa chlorophyl dan lutein yang berfungsi mengurangi risiko pembesaran prostat, menurunkan tekanan darah dan mengurangi pertumbuhan tumor. “Warna hijau juga mampu mengurangi kadar kolesterol dan regenerasi kulit,” kata Grace.

Terakhir, warna biru dan ungu pada anggur, blueberry dan terong mengandung phytonutrient utama berupa resveratol yang berfungsi antioksidan kuat, mengurangi risiko penyakit jantung dan kardiovaskuler. “Buah-buahan berwarna ungu juga berfungsi meningkatkan memori dan memperlambat proses penuaan,” kata Grace.

Perbanyak makan buah berwarna merah

Buah dan sayur berwarna merah harus lebih banyak dikonsumsi daripada lainnya. Setelah berwarna merah, lanjut Grace, buah dan sayur berwarna kuning, seperti jeruk, nanas dan pisang sangat baik untuk dikonsumsi. “Semangka, strawberi dan apel bisa menjadi pilihan buah berwarna merah yang paling banyak dikonsumsi setiap harinya,” katanya.

Buah berwarna hijau, seperti melon dan kiwi masuk dalam daftar yang perlu dikonsumsi, namun tidak sebanyak buah berwarna merah dan kuning sebelumnya. Terakhir, buah merwarna ungu, seperti anggur dan blueberry merupakan buah yang hanya sedikit dibutuhkan tubuh untuk dikonsumsi. “Jika membentuk sebuah piramida, maka buah berwarna merah berada di bawah dengan ‘space’ yang paling lebar dan buah berwarna ungu berada di paling atas dengan ‘space” terkecil,” kata Grace.

Adapun warna merah pada buah-buahan tersebut mengandung phytonutrient utama berupa Lycopene yang berfungsi mengurangi risiko pembesaran prostat, menurunkan tekanan darah, mengurangi pertumbuhan tumor, mengurangi kadar kolesterol dan regenerasi sendi pada arthritis. Menurut Grace, idealnya buah dan sayur dimakan dalam keadaan segar, tetapi gaya hidup perkotaan sering tidak memungkinkan. Apalagi harus memenuhi asupan warna-warni buah tersebut. Sehingga, mereka dapat menggantinya dengan minum jus buah yang dicampur sayur untuk memenuhi kebutuhan gizinya.

About Adam Rizal

Check Also

MSG Pemicu Kanker, Benar atau Salah?

Jakarta, NextID – Penyedap rasa atau sering kita kenal dengan monosodium glutamat (MSG) sering kali …

Leave a Reply