Home / LifeStyle / Leisure / Health / Manfaat Ciuman
Ilustrasi Ciuman 1

Manfaat Ciuman

Ternyata ciuman memiliki manfaat dari sisi kesehatan, tidak hanya sebagai bentuk untuk mengekspresikan rasa cinta dan kasih sayang. Berikut manfaat ciuman dari sisi media seperti dilansir huffingtonpost, Kamis (10/1).

1. Menyehatkan Gigi

Ciuman memperbanyak produksi air liur yang dapat menghilangkan bakteri merugikan pada gigi. Berkurangnya bakteri pada gigi tersebut akan menghambat timbunan plak.

2. Membakar Kalori

Memang kalori yang dibakar melalui ciuman tidak sebesar olah raga. Namun, berciuman dapat membakar sekitar satu sampai enam kalori dalam semenit. Selain itu, ciuman juga dapat melatih otot-otot wajah sehingga terlihat lebih segar dan menyamarkan kerutan.

3. Meningkatkan Imunitas

Para ahli percaya berciuman adalah salah satu cara untuk mengenalkan virus dalam dosis kecil kepada pasangan sehingga bisa memicu kekebalan tubuh untuk membentuk antibodi, mengingat ketika berciuman terjadi pertukaran bakteri pada air liur

4. Mengurangi stres

Setelah berciuman, anda timbul perasaan rileks dan nyaman. Hal itu terjadi karena peningkatan hormon oksitosin dan penurunan hormon kortisol yang menyebabkan stres.

5. Mengurangi alergi

Sebuah studi skala kecil di Jepang mengungkapkan pasangan yang berciuman selama 30 menit memiliki level IgE yang rendah. Level IgE adalah protein pemicu gejala alergi.

About Adam Rizal

Check Also

MSG Pemicu Kanker, Benar atau Salah?

Jakarta, NextID – Penyedap rasa atau sering kita kenal dengan monosodium glutamat (MSG) sering kali …

Leave a Reply