Tuesday , 30 November 2021
Home / LifeStyle / Leisure / Health / Makanan Berserat Cegah Kanker Payudara
Perempuan sedang makan Apel 4

Makanan Berserat Cegah Kanker Payudara

Kanker payudara adalah mimpi buruk bagi kaum hawa baik di negara maju maupun berkembang. Namun, sebuah Journal of Clinical Oncology menyebutkan mengonsumsi 20-30 gram serat perhari dapat memperkecil risiko kanker payudara. Menurut para peneliti, serat dapat membantu menurunkan kadar hormon estrogen dalam tubuh. Estrogen merupakan faktor pertumbuhan dan perkembangan awal dari kanker payudara.

Teori lainnya menyebutkan, orang yang mengonsumsi banyak serat cenderung lebih sedikit mengonsumsi lemak. Untuk serat sendiri, Departemen Pertanian Amerika Serikat merekomendasikan serat sebanyak 25 gram perhari untuk wanita dan 38 gram perhari untuk pria.

Ahli gizi dari New York, Amerika Serikat, Zuckerbrot merekomendasikan makanan serat harus ada dalam setiap waktu makan. Makanan serat harus dimulai dari sarapan karena orang jarang memakan makanan serat pada sarapan. Misal, anda bisa mengganti nasi putih dengan sereal atau roti gandum utuh dan menyertakan sayur-sayuran serta buah-buahan sejak sarapan.

Zuckerbrot juga menyarankan untuk tidak melupakan serat pada saat makan siang dan malam “Penuhi piring anda dengan sayur terlebih dahulu sebelum kenyang dengan makanan lainnya,” katanya seperti dilansir foxnews, Senin (3/2).

Anda bisa memilih camilan kaya serat seperti popcorn, apel, atau kentang panggang. Untuk minuman, anda bisa coba membuat smoothies sayur yang dicampur dengan biji-bijian.

About Adam Rizal

Check Also

MSG Pemicu Kanker, Benar atau Salah?

Jakarta, NextID – Penyedap rasa atau sering kita kenal dengan monosodium glutamat (MSG) sering kali …

Leave a Reply