Thursday , 23 September 2021
Skipping 1

Tips Alami Tingkatkan Hormon Testosteron

Pria akan mengalami penurunan kadar testosteron pada usia 30 tahun dan hormon testosteron akan terus berkurang seiring dengan pertambahan usia. Selain faktor usia, penurunan kadar testosteron dapat dipengaruhi oleh paparan bahan kimia, termasuk dari obat seperti statin.

Testosteron merupakan hormon androgen yang identik dengan kejantanan pria dan berperan dalam membentuk karakteristik seksual sekunder pria seperti pertumbuhan rambut tubuh, kepadatan otot dan tulang, fungsi seksual dan reproduksi, libido dan produksi sperma. Penurunan kadar testosteron dapat menghilangkan gairah seksual, disfungsi ereksi, depresi dan gangguan pada konsentrasi dan memori.

Ada enam cara alami untuk meningkatkan hormon testosteron selain mengonsumsi obat seperti dilansir www.foxnews.com.

1. Kurangi berat badan

Menurut sebuah penelitian Endocrine Society’s 2012 Meeting, menurunkan berat badan dapat membantu menaikkan kadar testosteron.

2. Olahraga singkat dengan intensitas tinggi

Olahraga singkat berintensitas tinggi seperti angkat beban terbukti meningkatkan kadar testosteron.

3. Perbanyak konsumsi zinc

Zinc atau seng adalah mineral yang penting untuk pembentukan testosteron. Menambahkan asupan zinc dapat memberikan efek yang signifikan pada pria yang memiliki kadar testosteron rendah. Sumber alami zinc berasal dari makanan dari laut seperti tiram, ikan, hati, daging sapi, daging unggas, telur, kacang-kacangan, biji-bijian, dan biji labu.

4. Vitamin D

Vitamin D dapat menaikkan kadar testosteron, mempertahankan kualitas semen dan memperbanyak jumlah sperma.

5. Kurangi konsumsi gula

Setelah memakan gula, kadar testosteron akan turun karena mengonsumsi gula dapat meningkatkan kadar insulin yang menurunkan kadar testosteron

6. Hindari stres

Ketika stres, tubuh akan memproduksi hormon stres bernama kartisol. Hormon itu dapat menghambat fungsi testosteron. Pada kasus stres yang kronis, kadar kartisol tinggi dapat menghambat fungsi testosteron dalam jangka waktu lama.

About Adam Rizal

Check Also

MSG Pemicu Kanker, Benar atau Salah?

Jakarta, NextID – Penyedap rasa atau sering kita kenal dengan monosodium glutamat (MSG) sering kali …

Leave a Reply