Tuesday , 19 October 2021
Home / LifeStyle / Leisure / Surga Banyuwangi
Plengkung

Surga Banyuwangi

Banyuwangi menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Jawa Timur karena keindahan wisata alamnya yang menawan termasuk alam pegunungan dan pantai yang berkarakter. Banyuwangi memiliki faktor geografis yang strategis berada di antara Bali, Surabaya, Malang, dan Yogjakarta. Ada beberapa tempat wisata di Banyuwangi yang menyandang predikat internasional yaitu tempat wisata Kawah Ijen, Pantai Plengkung, dan Pantai Sukamade. Bahkan, pemerintah daerah Banyuwangi menjuluki ketiga tempat wisata tersebut sebagai  “Triangel Diamond” atau Segitiga Berlian karena memiliki karakteristik wisata yang khas dan unik.

Pesona wisata Banyuwangi tidak hanya berasal dari wisata alam saja. Anda dapat mencicipi rujak soto Banyuwangi dan makanan Banyuwangi lainnya. Berikut ini beberapa tempat wisata di Banyuwangi yang paling menawan dan patut anda kunjungi yang berhasil SH himpun dari pelbagai sumber, Sabtu (26/9) :

1. Pantai Pulau Merah, Banyuwangi

Masyarakat Banyuwangi menyebutnya sebagai Pulau Merah karena memang tanahnya berwarna merah. Pantai Pulau Merah terletak di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran dengan jarak 80 km dari pusat kota Banyuwangi. Pantai Pulau Merah memiliki sebuah bukit kecil yang terletak tidak jauh dari bibir pantai yang memiliki pasir putih sepanjang 3 km. Anda dapat menginjakkan kaki di Pulau Merah bila air sedang surut, jaraknya hanya 100 meter dari bibir pantai. Anda tinggal berjalan kaki saja. Dulu, Pantai itu bernama Pantai Ringin Pitu.

Saat ini pemerintah Banyuwagi sedang mempersiapkan pantai Pulau Merah sebagai salah satu tempat surfing kelas dunia. Sebelumnya, pantai Pulau Merah menjadikan ajang International Surfing Competition pada 2013 yang diikuti para surfer dari 20 negara. Uniknya, pantai pulau Merah memiliki ketinggian gelombang hingga 4-5 meter. Pantai Pulau Merah memiliki harga tiket masuk senilai Rp. 3 ribu perorang dan menjadi Rp. 5 ribu pada akhir pekan.

2. Kawah Ijen (Blue Fire), Banyuwangi

Kawah Ijen adalah kawah danau terbesar di pulau Jawa. Secara administratif, Kawah Ijen terletak di 3 kabupaten, yaitu Bondowoso, Situbondo, dan Banyuwangi. Kawah itu berada pada ketinggian 2.443 m dpl dan kedalaman kawah 200 m. Kawah Ijen itu selalu diselimuti asap belerang sehingga memiliki pesona yang luar biasa. Danau belerang itu memiliki warna tosca dan api biru (blue fire). Anda dapat menyaksikan panorama memikat itu pada saat malam hari hingga subuh.

Ke Kawah Ijen, anda dapat memilih 2 jalur yaitu dari utara dan selatan. Jalur utara dapat melalui Situbondo menuju Sempol (Bondowoso) dan berakhir di Paltuding, waktu tempuh sekitar 2,5 jam. Jika dari arah selatan, dapat dilalui dari Banyuwangi menuju Licin yang berjarak sekitar 35 km. Untuk mencapai kawah, anda harus mendaki setinggi 3 km dengan memakan waktu sekitar 1,5 jam dan kemiringan pendakian adalah 25-35 derajat.

3. Teluk Hijau “Green Bay”, Banyuwangi

Anda akan merasakan udara segar pantai yang bercampur dengan udara hutan hutan tropis Taman Nasional Meru Betiri di Teluk Hijau, Banyuwangi. Teluk itu masih terjaga kemurniannya karena belum banyak wisatawan yang datang ke tempat tersebut.

4. Pulau Tabuhan

Pulau Tabuhan adalah destinasi wisata yang cocok untuk scuba diving di Banyuwangi karena air lautnya sangat jernih. Pulau Tabuhan terletak di desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, jaraknya sekitar 20 km dari pusat kota Banyuwangi. Pulau yang tak berpenghuni itu memiliki luas area sekitar 5 ha dengan karakter pasir pantai yang putih dan air lautnya yang bening.

5. Air Terjun Lider, Banyuwangi

Air Terjun Lider adalah air terjun paling tinggi di Banyuangi dengan ketinggian 1.300 m dpl dan dinding tebing dua jurang yang menghimpit air terjun. Untuk sampai ke air terjun Lider, anda harus menempuh perjalanan sejauh 45 km dari kota Banyuwangi. Saat ke air terjun, anda harus berjalan kaki ke lokasi dengan melintasi jalan setapak yang telah tertata dengan baik.

6. Pantai Watu Dodol

Pantai Watu Dodol terletak di sebelah utara Banyuwangi yaitu perbatasan Banyuwangi – Situbondo. Pantai itu memiliki dua land mark yaitu batu raksasa yang letaknya di tengah jalan raya yang memisahkan jalan menjadi dua jalur dan sebuah patung penari Gandrung di bibir pantai. Pantai Watu Dodol memiliki kondisi pantai yang bersih dan indah dengan air biru yang jernih. Uniknya, ada mata air tawar yang mengalir ke pantai dengan rasa yang tawar dan bisa diminum.

7. Pantai Plengkung

Pantai Plengkung adalah pantai di Banyuwangi yang terkenal sebagai pantai terbaik untuk surfing. Pantai Plengkung memiliki reputasi pantai yang baik hingga ke mancanegara sebagai tempat surfing. Jika anda ingin surfing, maka bulan Mei – Oktober adalah bulan yang terbaik untuk surfing. Pantai Plengkung memiliki banyak cottage dan jungle camp. Tempat wisata itu adalah salah satu destinasi wisata pantai yang paling direkomendasikan di Indonesia.

8. Cagar Alam Baluran

Cagar alam Baluran merupakan tempat konservasi perlindungan flora dan fauna dengan padang rumput (savana) yang luas. Cagar alam itu menjadi tempat tinggal hewan liar seperti banteng, rusa dan lain lain. Anda juga dapat menaiki menara pengawas untuk menyaksikan keindahan padang rumput yang luas dan hewan hewan-hewan liar serta menikmati matahari terbit (sunrise) yang indah dari balik laut pantai Bama.

9. Pantai Sukamade

Pantai Sukamade terletak di Taman Nasional Meru Betiri, Banyuwangi dan terkenal sebagai tempat penangkaran penyu. Pantai Sukamade memiliki air yang hijau dan bening serta pantai bersih.

About Adam Rizal

Check Also

Semi Final Wonderful Indonesia Srikandi Championship 2021, Menarik!

Jakarta, NextID – Perkembangan dunia digital yang sangat pesat menggeser aktivitas fisik menjadi kegiatan digital. …

Leave a Reply