Home / LifeStyle / Leisure / Health / Drugs & Desease / LovePink, Wujudkan Indonesia Bebas Kanker
Jakarta LovePink

LovePink, Wujudkan Indonesia Bebas Kanker

Dalam rangka menyambut bulan kampanye peduli kanker payudara pada Oktober 2015, komunitas peduli kanker payudara atauLovePink akan kembali menggelar Jakarta Goes Pink 2015 pada 4 Oktober dengan acara jalan sehat yang diikuti oleh lima ribu orang.

Ketua Pelaksana Jakarta Goes Pink 2015, Madelina Mutia mengatakan kami mengajak masyarakat luas untuk berpartisipasi dalam Jakarta Goes Pink 2015 sebagai bentuk kepedulian dalam memberantas kanker payudara. Acara jalan kaki bersama ini akan dimulai dari Plaza Selatan arena Parkir Timur Senayan menyusuri sepanjang Jalan Sudirman, mulai pukul 06.00 WIB. Acara ini akan dibuka oleh Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

“Sesuai dengan namanya, semua peserta parade mengenakan pakaian berwarna pink dengan corak dan desain yang kreatif,” kata Mutia pada acara koferensi Pers Jakarta Goes Pink yang dihadiri oleh Ketua LovePink  Samantha Barbara bersama Duta LovePink, aktris Chelsea Islan, di Gallerie, Jalan Barito, Jakarta, Rabu, (2/9).

Kegiatan Jakarta Goes Pink 2015 adalah bentuk cinta dan dukungan kepada para pejuang yang masih menjalani terapi, survivors atau orang yang telah bebas dari kanker payudara, serta para suporter yang selalu memberi dukungan. Jakarta Goes Pink sebetulnya telah dilaksanakan sejak 2013 dengan peserta 750 orang.

Ketua Lovepink, Samantha Barbara mengatakan setelah melakukan kegiatan jalan sehat. Pihaknya akan meluncurkan beberapa program layanan seputar kanker payudara, termasuk program edukasi periksa payudara sendiri (Sadari) yang dilakukan di berbagai komunitas. Pertama, adanya aplikasi Lovepink applications yang merupakan upaya dari Lovepink untuk mengingatkan kepada kaum perempuan agar mau mencatat siklus mensturasi. Kedua, program lovepink group chat, sebagai tempat untuk berkomunikasi dua arah guna saling menguatkan, dan memberi semangat melalui telegram dan whatsapp.

Ketiga, mobil USG keliling yang menyediakan layanan periksa yang dilengkapi radiologi independen dengan cakupan Jakarta, dan sekitarnya. “Untuk kelompok atau komunitas yang ingin menggunakan fasilitas tersebut dapat mengajukan permohonan melalui laman hello@lovepinkindonesia.org,” katanya.

Ia mengatakan Lovepink selalu terus mengalakkan dan menyuarakan pemeriksaan payudara sendiri (Sadari) kepada perempuan Indonesia agar sadar akan pentingnya kesehatan. Dengan pemeriksaan dini, maka akan menyelamatkan perempuan sejak dini dari kanker dan membantu pemerintah menurunkan anggaran kesehatan. Sebab, saat ini kanker payudara menjadi pembunuh nomor satu di Indonesia bagi perempuan.

“Lovepink adalah satu wadah agar setiap perempuan saling menjaga dan mengingatkan sehingga perempuan Indonesia terbebas dari kanker,” katanya.

Roadshow 5 Kota Besar

Samantha mengatakan LovePink akan menggelar kampanye gerakan deteksi dini dan kesehatan payudara dengan melakukan roadshow ke lima kota besar, Jakarta, Bandung, Banjarmasin, Denpasar, dan Jogjakarta pada September hingga November 2015. “Kita akan mengadakan ‘roadshow’ ke lima kota besar yang telah memiliki member Lovepink,” kata Samantha, di Jakarta, Rabu (2/9).

Lovepink juga menyiapkan kendaraan Ultrasonography (USG) yang akan berkeliling ke setiap sekolah, mal, atau perusahan untuk memberikan edukasi sekaligus melakukan pemeriksaan payudara. “Kami ingin menjangkau sebanyak mungkin kalangan wanita untuk melakukan deteksi dini karena masih banyak wanita yang tidak mau memeriksa diri ke dokter atau rumah sakit, dengan alasan takut,” katanya.

Ibunda dari Artis Chelsea Islan itu mengatakan LovePink juga memiliki program layanan komunikasi untuk para pejuang (warriors) yang masih menjalani terapi untuk saling berkomunikasi lewat grup pendukung di aplikasi Whatsapp dan Instagram. Harapannya, wanita Indonesia mengurangi resikon kanker payudara dan terus menggaungkan pentingnya deteksi kanker sejak dini. “Kami juga berharap adanya dukungan pemerintah dalam menyediakan pelayanan rumah sakit kanker payudara. Jumlahnya sendiri masih sangat dikit, jika melihat kondisi Indonesia,” katanya.

About Adam Rizal

Check Also

MSG Pemicu Kanker, Benar atau Salah?

Jakarta, NextID – Penyedap rasa atau sering kita kenal dengan monosodium glutamat (MSG) sering kali …

Leave a Reply