Saturday , 24 July 2021
Home / LifeStyle / Leisure / Corp / Kawah Candradimuka Seniman Muda Indonesia
Pementasan Jagongan Wagen

Kawah Candradimuka Seniman Muda Indonesia

Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK) dan Bakti Budaya Djarum Foundation menyelenggarakan sebuah program beasiswa Program Seniman Pasca Terampil untuk para seniman muda Indonesia yang mengembangkan potensi seni mereka di ruang belajar dan ruang berkarya PSBK. Setelah menjalani program selama enam bulan,

Delapan dari sepuluh seniman terpilih yang mahir dalam seni tari, seni rupa, seni teater sampai seni musik akan tampil di depan publik dalam pementasan Jagongan Wagen Goes to Jakarta. Pementasan itu berlangsung di Auditorium Galeri Indonesia Kaya, 10 September 2015 pukul 19.00 WIB.

Para seniman muda terpilih yaitu Arif Hanungtyas Sukardi, Asep Prasetyo, Gendra Wisnu Buana, Harik Giarian Hafidz, Helmi Fuadi, Lukman Santoso, Rosalia Novia Ariswari dan Wisnuaji Putu Utama. Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation Renitasari Adrian mengatakan para penerima beasiswa Program Seniman Pasca Terampil (PSPT) telah melewati proses pengembangan keterampilan diri di ruang belajar dan ruang berkarya Padepokan Seni Bagong Kussudiardja.

“Kami selalu mendukung potensi seniman muda Indonesia untuk produktif dan bersemangat dalam menghasilkan karya kreatif sehingga mampu menjadi penggerak dalam melestarikan kekayaan budaya Indonesia,” katanya dalam siaran pers, Senin (14/9).

Program Seniman Pasca Terampil merupakan wadah pendidikan alternatif bagi Seniman di PSBK untuk membangun kesadaran dan mengembangkan potensi seniman. Direktur Eksekutif Yayasan Bagong Kussudiardja Jeannie Park mengatakan kami percaya kemampuan dan kemauan para seniman untuk meningkatkan kapasitasnya.

“Kami ingin memaksimalkan potensi mereka dengan cara mengkolaborasikan mereka dengan seniman lain, serta berinteraksi langsung dengan masyarakat yang tentunya dapat menjadi sumber inspirasi mereka,” katanya.

Salah satu seniman penerima beasiswa Program Seniman Pasca Terampil, Gendra Wisnu Buana mengatakan PSBK mengajarkan ia untuk menggali potensi diri untuk menemukan identitas diri sebagai seniman. “Saya mendapat kebebasan dalam menterjemahkan diri dan seni dalam hidup saya,” katanya.

Padepokan Seni Bagong Kussudiardja kembali membuka pendaftaran bagi para seniman untuk bergabung mengikuti Program Seniman Pasca Terampil periode berikutnya. Pendaftaran ini akan dibuka mulai tanggal 2 November 2015 hingga 19 Desember 2015. Bagi berminat, anda mengunjungi website www.psbk.or.id atau datang langsung ke PSBK di Bantul, Yogyakarta.

About Job Palar

Check Also

Kayu Jati Lestari Indonesia “Diburu” di Jerman

Jakarta, NextID – Indonesia dikenal dunia sebagai salah satu penghasil kayu jati terbesar. Jenis kayu …

Leave a Reply